Bisakah Mengecilkan Betis yang Besar?

Jakarta - Sebagian besar wanita kurang percaya diri memiliki ukuran betis di atas rata-rata, karena dapat merusak penampilan. Terlebih ketika memilih pakaian dengan model di atas lutut, seperti rok pendek ataupun celana pendek.

Pasalnya, hampir setiap wanita ingin memiliki paha dan betis yang ramping. Oleh sebab itu, banyak di antara mereka yang rela melakukan apa saja untuk mengecilkan betis. Salah satunya dengan berolahraga. Namun efektifkah itu?

Menurut spesialis kedokteran olahraga, dr Michael Triangto SpKO, secara teoretis, betis terdiri dari dua otot utama, yaitu gastrocnemius dan soleus. Sehingga betis lebih banyak memiliki otot dibandingkan dengan lemak.

"Dengan demikian penderita yang memiliki betis yang besar biasanya mempunyai kebiasaan menggunakan tungkai bawahnya dalam intensitas yang cukup lama ataupun berlebihan," tutur dr Michael kepada detikHealth.

"Misalnya, bagi orang yang sering menggunakan sepeda ataupun yang sering berjalan dan juga sering melakukan naik turun tangga," sambungnya lagi.

Bila permasalahannya adalah otot yang besar, imbuh dr Michael, tentu tidak hanya mengurangi intake dari lemak saja namun juga harus sesuaikan dengan kebiasaan sehari-hari. Termasuk, latihan-latihan yang melatih otot-otot betis pun harus dikurangi.

"Jadi kita harus melakukan pengukuran secara berkala, bilamana dari latihan yang diberikan tidak memberikan hasil atau bahkan membuat otot betis tadi menjadi lebih besar diameternya, maka kita harus menghentikan latihan yang dilakukan itu secepatnya," saran dr Michael.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bentuk-Bentuk Latihan Kebugaran Jasmani

5 Teknik Berlatih Renang Gaya Dada: